Print Shortlink

Tips-Tips Menggemukan Sapi Potong

Para peternak Indonesia dalam mengembangkan budidaya ternak sapinya masih menggunakan cara-cara tradisional sehingga keuntungan yang diperolehnya dirasa masih minim. Padahal permintaan akan daging sapi yang terus meningkat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin bertambah. Untuk itulah peternak harus berpandai-pandai dalam mencari cara supaya bisa menghasilkan daging sapi yang berkualitas dan tentunya berbobot besar. Supaya keuntungan peternak bisa semakin meningkat dan sejahtera.

Para peternak seharusnya meningkatkan jumlah produksi daging sapi mereka guna memenuhi permintaan atau kebutuhan masyarakat akan daging. Oleh sebab itu, adanya ide untuk menggemukkan sapi muncul dari pikiran para peternak modern. Mereka mencoba melakukan penggemukan sapi dengan cara memberinya pakan tambahan yang mendandung gizi baik bagi pertumbuhan sapi potong. Kandungan gizi tersebut tentu saja meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Dalam pemberian pakan terhadap sapi potong tentunya juga harus pakan yang baik, bersih dari kotoran maupun bibit penyakit. Dan ketika akan memberikan pakan kepada sapi potong sebaiknya dilakukan ketika siang hari dan sore hari. Supaya pakan yang akan diberikan kepada sapi potong tersebut terhindar dari pertumbuhan telur cacing.

peternakan sapi

Pakan yang diberikan kepada sapi potong akan menentukan keberhasilan usaha penggemukan sapi tersebut. Untuk itu, para peternak sebaiknya mencari jenis pakan yang memiliki nilai gizi tinggi dan sesuai dengan selera sapi potong. Karena tidak semua jenis pakan yang diberikan akan cocok dengan sapi. Sehingga peternak harus jeli ketika akan memberikan pakan sapi.

Ada dua jenis pakan sapi potong yang bisa ada berikan kepada sapi potong. Kedua pakan tersebut adalah:

  1. Pakan Hijau

Pakan hijau merupakan makanan utama atau pokok yang harus diberikan kepada sapi potong. Pakan hijau ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi karena diambil dari alam, seperti rumput, jerami, lamtoro, kolonjono, dan lain-lain.

  1. Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat adalah jenis pakan tambahan yang juga wajib diberikan kepada sapi potong untuk memenuhi kebutuhannya. Pakan tambahan ini dapat membantu sapi ketika proses penggemukkan secara cepat. Pakan konsentrat terdiri dari dedak, bungkil kelapa, tepung tulang, dan garam dapur.

Leave a Reply