Print Shortlink

Sifat Konsumtif Wanita dan Pria

Selalu ada berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku orang dalam situasi yang mereka hadapi. Konsumen sangat bervariasi dalam usia, pendapatan, budaya, pendidikan, jenis kelamin, selera dan banyak variabel lain yang mempengaruhi perilaku sebelum keputusan untuk membeli atau kebiasaan konsumsi. Anda bisa mengatakan bahwa karakteristik konsumsi dikelompokkan menjadi empat faktor utama yang besar yang mempengaruhi berbagai jenis perilaku yang orang ketika memilih produk atau layanan. Hal ini jelas bahwa ini tidak berarti bahwa orang-orang dari usia yang sama, jenis kelamin atau asal sosial mirip, karena ada banyak pengaruh faktor psikologis tentu saja bervariasi dari satu orang ke orang lain.

Faktor-faktor berikut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ketika memilih produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan:

– Budaya. Budaya adalah penentu utama keinginan dan perilaku seseorang, yang diperoleh melalui proses hidup berdampingan dengan individu kunci atau organisasi dalam hidup Anda.

– faktor-faktor sosial. Isu sosial memainkan peran penting untuk konsumen tergantung pada kelompok referensi memiliki individu, keluarga, peran yang dimainkannya dalam masyarakat dan status memiliki pada waktu yang berbeda dalam hidupnya.

– Personal. Sebuah keputusan untuk membeli konsumen dipengaruhi dalam kebanyakan kasus oleh karakteristik pribadi seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, dll

РPsicológico. Faktor psikologis seperti motivasi untuk membuat atau memperoleh sesuatu, persepsi, keyakinan dan sikap konsumen, juga memiliki dampak yang mendalam pada keputusan pembelian pembelanja.

Seperti yang kita tahu semua bahwa kita terlibat dalam industri pemasaran, salah satu faktor yang memiliki dampak terbesar pada perilaku konsumen ketika keputusan gender, karena perbedaan antara perempuan dan laki-laki tentang harapan , rasanya, kebutuhan, gaya hidup, dll

Berbagai penelitian dan studi tentang kebiasaan konsumen, baik secara nasional maupun global, telah mengungkapkan bahwa belanja adalah kegiatan yang jauh lebih menarik bagi wanita daripada pria, bahkan ketika faktor ini mulai disamakan karena penetrasi teknologi pasar, yang membuat produk dan layanan yang tersedia dalam cara-cara yang sebelumnya tidak digunakan untuk. wawasan lain yang penting adalah bahwa perempuan menganggap belanja sebagai suatu kebutuhan sosial, sedangkan jauh lebih penting bagi pria produk utama primer atau fungsi, bukan sekunder, di kategori produk dan layanan yang paling.

Menurut Daniel Kruger, seorang peneliti di University of Michigan, belanja seperti berburu dan ini akan kembali ke pemburu dan pengumpul. Untuk Daniel, perempuan pengumpul, sementara pemburu laki-laki. Wanita berjalan ke sebuah toko dan mengeksplorasi, sedangkan laki-laki mencari sesuatu yang spesifik. Ketika datang ke supermarket atau departemen, pria dan wanita pergi ke toko untuk membeli item yang berbeda, hanya perempuan biasanya ingin lebih banyak produk daripada yang mereka miliki dalam pikiran untuk memperoleh. Wanita ingin lebih banyak interaksi, tetapi laki-laki mencari jawaban cepat.

Di dunia yang setiap hari menjadi lebih digital, perilaku ini juga pindah ke portal e-commerce. Menurut penelitian “E-Tren Belanja di Eropa”, wanita membeli jalan online lebih terkait dengan dekorasi, bagasi, aksesoris, kecantikan, produk pakaian anak-anak. 80% dari perempuan yang diwawancarai, situasi yang mereka kunjungi portal “hanya untuk melihat” diberikan seolah-olah mereka benar-benar hadir di toko dan bahkan mengisi “keranjang belanja” bahkan jika berpikir tidak melakukan pembayaran untuk produk yang dimasukkan sama. Untuk pria, ditinggalkannya portal jika tidak cepat menemukan produk yang diinginkan terjadi lebih sering daripada wanita, menanggapi perilaku yang juga terjadi di dunia fisik.

Faktor-faktor ini harus selalu dianalisis saat membuat strategi yang dijalankan di lantai penjualan, untuk menarik perhatian audiens target kami berdasarkan perilaku mereka, baik toko fisik dan dunia digital.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.