Print Shortlink

Sholat Tahajud: Jumlah Rakaat, Waktu dan Niat Sholat Tahajud

Sebuah kenikmatan yang luar biasa ketika kita bisa merasakan bagaimana romantisnya bermunajat kepada Allah di sepertiga malam dengan sholat tahajud. Sholat tahajud yang merupakan sholat malam atau qiyamul lail ini adalah sholat sunnah yang pengerjaannya dilakukan di malam hari, tepatnya setelah bangun tidur.

Sholat tahajud dihukumi sebagai sholat sunnah mu’akad. Itu artinya sholat tahajud adalah sholat sunnah yang disyari’atkan atau dikuatkan. Oleh karena itu marilah kita berlomba – lomba untuk menjadi hamba yang tidak pernah lelah mengejar kebaikan – kebaikan dalam setiap rangkaian ibadah yang ada.

Sholat sunnah tahajud menjadi salah satu amalan yang secara istiqomah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Bahkan bisa dibilang Rasululullah tidak pernah melewatkan malam beliau tanpa sholat tahajud. Dengan demikian, sebagai umat beliau, sudah seyogyanya kita juga mengikuti apa yang telah menjadi kebiasaan Rasulullah SAW.

Rakaat Sholat Tahajud

Tentang jumlah rakaatnya, rakaat minimalnya adalah 2 rakaat dan maksimalnya tidak ada batasan rakaat. Untuk pelaksanaannya pun serupa seperti sholat lainnya, tidak ada gerakan – gerakan khusus yang membedakannya.

Memang, ketika kita mengerjakannya dengan jumlah rakaat yang lebih banyak, maka itu jauh lebih baik. Sebab Allah menyukai hamba – Nya yang mengingat – Nya lebih banyak dan menyedikitkan tidur di malam hari.

Waktu Sholat Tahajud

Sedangkan untuk waktu sholat tahajud dimulai sejak ba’da Isya’ hingga sebelum masuk waktu Shubuh. Akan tetapi kita disarankan untuk melaksanakannya di sepertiga malam, yakni sekitar pukul 01.00 dini hari atau pukul 03.00 pagi.

Niat Sholat Tahajud

“Aku niat Sholat Sunah Tahajud dua Raka’at karena Allah Ta’ala”

Sama halnya dengan sholat – sholat lainnya, kita harus mengawali sholat tahajud dengan membaca niat. Untuk niat ini sebaiknya tidak hanya diucapkan secara lisan, namun juga harus diucapkan dengan hati. Karena tempatnya niat adalah hati.

Sholat tahajud mempunyai banyak kemuliaan sebagai bentuk ganjaran dari Allah karena seseorang yang mampu bangun malam untuk sholat adalah hamba yang akan diangkat derajatnya. Diampuni dosa – dosanya. Dikabulkan doa – doanya dan lainnya.

Demikian tadi ulasan tentang sholat tahajud. Semoga setelah ini kita mampu menjadikan sholat tahajud sebagai amalan harian ya.

 

 

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.