Print Shortlink

ISENG MENYALURKAN HOBI, KERAJINAN RAJUT PKK TEGALHARJO SAMPAI PAPUA

Pundi-pundi rezeki dapat timbul dari mana saja, tidak terkecuali dari sebuah hobi. Bermula dari kegemaran dan mengisi waktu lengang, sejumlah ibu di Kelurahan Tegalharjo, Kecamatan Banjarsari, Solo, tidak mengira produk kerajinan mereka dapat hingga ke tanah Papua. Para ibu hal yang demikian punya hobi yang sama kini, yaitu membikin bermacam-macam kerajinan rajut.

Baca juga: Temukan Peluang usaha modal kecil di sini.

Ibu-ibu dari bermacam-macam latar profesi berbeda hal yang demikian berkumpul di salah satu rumah warga, di Jalan Semeru Barat II No. 10. Kesibukan merajut bermula dari Veronica, sang penggagas sekalian yang dituakan dalam perkumpulan simpel hal yang demikian. Mulanya Veronica cuma iseng menyalurkan hobinya, tetapi produk rajut yang dia bawa di pertemuan warga, membikin ibu-ibu lainnya berminat.

Veronica memandang kesempatan dari tiap hasil rajutannya yang senantiasa ludes dibeli para tetangga. Seiring waktu, dia malahan berminat mengajak para ibu di lingkungannya untuk belajar merajut bersama, sembari membuka usaha. Kesudahannya, dikala ini telah ada sekitar enam orang yang rutin mencontoh kesibukan positif hal yang demikian.

Saban petang mereka membawa benang dan jarum rajut yang mereka beli secara kolektif. Mereka membikin bermacam-macam tipe produk yang cocok dengan permintaan pasar dikala ini. Kadang mereka juga membikin rajut cocok suasana hati. “Kami tidak pernah mewajibkan ini itu. Kami terbuka dengan siapa saja. Lha wong kami berkumpul juga sebab hobi sama mengisi waktu lengang,” ujar Veronica yang senantiasa menyematkan warna ungu pada hasil rajutannya.

Pertama-tama mereka cuma membikin hijab. Tetapi sebab permintaan, mereka malahan membikin bermacam-macam produk lain seperti taplak, alas gelas, topi, dan ransel. Sekarang produk mereka telah hingga ke bermacam-macam tempat Nusantara. Topi rajut acap kali mereka kirim ke Bali, padahal ransel rajut banyak diorder sampai luar Jawa, termasuk Papua.

Tambah Pendapatan Keluarga Dari Kerajinan Rajut

Kecuali menjadi kesibukan positif, kesibukan merajut ibu-ibu Tegalharjo juga menambah pendapatan keluarga. Dalam sebulan, ibu-ibu hal yang demikian bisa memasarkan ratusan produk rajut, via penjualan online. Harganya bervariatif, mulai dari 100 ribu sampai 700 ribu rupiah tergantung ukuran dan kerumitan produk rajut yang dihasilkan.

Penjualan dilaksanakan oleh segala member. Kebanyakan dari ibu-ibu hal yang demikian memanfaatkan bermacam-macam fasilitas online. Berdasarkan mereka, dengan online penjualan produk rajut mereka dapat hingga ke mana saja. Apalagi produk rajut relatif gampang dalam pengepakan.

Sebab dianggap positif, Kelurahan malahan menaungi mereka dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK Kelurahan Tegalharjo. “Kecuali menjauhkan dari hal negative, kesibukan rajut ini juga menjadi daerah berinteraksi. Mereka juga saling sengkuyung memajukan kesejahteraan dengan mencari pendapatan tambahan,” ujar Handaru Widiarti, salah satu perangkat Kelurahan Tegalharjo yang turut kesibukan rajut hal yang demikian.

Jadi Potensi Kelurahan

Mulai pukul empat petang, para ibu hal yang demikian menyiapkan jarum dan benang serta sebagian kerajinan rajut. Sembari bercengkrama, mereka mulai memainkan tangan dan jari mereka, memasukkan jarum ke komponen satu dan lainnya. Meskipun sebagian ada yang belum terampil, yang lain perlahan-perlahan mengajarkan. Panorama hal yang demikian usai sebelum adzan maghrib bergema.

Kecuali dipasarkan secara mandiri, produk mereka juga acap kali diikutkan pameran sebagai salah satu potensi Kelurahan Tegalharjo. “Harapannya kian berkembang. Untuk itu kita terus belajar dan belajar sebab ilmu seni kerajinan merajut ini tidak akan ada habisnya,” ujar Veronica.

Baca juga: Temukan Peluang usaha rumahan di sini.

Veronica, Handaru, dan member lainnya juga ingin akan ada lebih banyak ibu-ibu yang bergabung. Kecuali itu, lebih banyak pula inspirasi usaha yang bisa dihasilkan di kelurahan tercinta mereka. Dikala ini, di Kelurahan Tegalharjo terdapat bermacam-macam kesibukan usaha yang berbasis PKK. Kecuali merajut ada pula usaha katering dan konveksi.

Regu Liputan BisnisUKM

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.