Print Shortlink

Cara Membuat Pakan Ternak Unggas Sendiri

Daging unggas memang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga daging kambing dan sapi, kandungan gizi yang ada pada unggas juga juga sangat berguna bagi tubuh. Oleh sebab itu, banyak juga orang yang tertarik dengan bisnis ternak unggas. Tak hanya karena membutuhkan modal yang kecil dan keuntungannya yang besar, pakan ternak unggas juga sangat mudah dicari, bahkan dibuat sendiri. Di bawah ini akan dijelaskan cara membuat pakan untuk ternak unggas seperti ayam dan bebek.

1. Bahan dan alat

Bahan yang diperlukan untuk membuat pakan ternak unggas tidaklah rumit, yaitu jagung, sayuran, dedak, kerak nasi, hingga ampas tahu. Anda juga bisa menambahkan atau mengurangi bahan-bahan di atas sesuai dengan apa yang tersedia karena sebenarnya pakan unggas tidak harus mengandung keseluruhan bahan tersebut. Untuk takaran setiap bahannya, Anda cukup mengira-ngira saja dan usahakan keseluruhan bahan memiliki perbandingan yang sama yaitu 1:1 untuk setiap bahannya. Selain bahan, Anda juga memerlukan alat penggiling untuk mencampur keseluruhan bahan tersebut.

2. Menentukan bentuk pakan

Bentuk pakan untuk unggas pun berbeda-beda, ada pakan yang berbentuk bubuk, butiran-butiran pecah atau yang biasa disebut dengan crumble, dan berbentuk pelet. Pastikan Anda sudah menentukan pakan tersebut akan dibuat dalam bentuk apa sebelum mulai membuatnya. Biasanya, pakan berbentuk crumble dan pelet lebih diminati unggas dan kandungan energi di dalamnya juga tidak banyak terbuang.

3. Langkah pembuatan

Setelah menyiapkan alat dan bahan serta menentukan bentuk dari pakan unggas, yang harus Anda lakukan adalah membuat pakan tersebut. Jika Anda ingin pakan berbentuk tepung, maka Anda hanya perlu menggiling keseluruhan bahan tersebut hingga halus dan menjadi bubuk. Sedangkan untuk bentuk crumble, Anda harus mencampurkan tepung tersebut dengan air dan mengukusnya selama beberapa saat, kemudian ditekan di atas ayakan berlubang hingga berbentuk butiran dan terakhir dijemur hingga kering. Namun, jika pakan berbentuk pelet, setelah tepung dikukus, Anda harus memasukannya ke dalam penggiling daging agar berbentuk memanjang dan setelahnya dipotong kecil-kecil dan dijemur hingga kering.

Selain lebih hemat, dengan membuat pakan ternak unggas sendiri Anda juga bisa memastikan bahan-bahan pakan tersebut benar sehingga kandungan gizi di dalamnya tidak berkurang dan sesuai untuk unggas-unggas yang Anda ternakan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.