Print Shortlink

Asal Usul Kambing Etawa di Indonesia

Berbicara mengenai asal usul kambing etawa di Indonesia maka kita akan membuka kembali buku sejarah. Kambing etawa sendiri berasal dari Negara India yang mana di kenal dengan nama Jamnapari yang terkenal dinegara asalnya sebagai kambing perah terbaik yang ada di India. Habitat asli Jamnapari ada di sepanjang daratan antara sungai Cambal dan sungai Jamuna, Negara bagian Madya Prades yang berada di sebelah utara kota Delhi yang letaknya tak jau dari lokasi wisata terkenal Taj Mahal.Asal Usul Kambing Etawa

Banyak orang yang menanyakan tentang bagaimana asal usul kambing etawa mampu masuk ke Indonesia. Kambing Jamnapari masuk ke Indonesia sendiri terjadi pada zaman pendudukan kolonial Belanda. Pada zaman kompeni belanda dulu alur masuk barang dan keluar dari Indonesia melalui perdangangan laut yang di kuasai VOC yang mana setiap masuk ke Indonesia kapal mereka selalu kosong dan kembali ke Eropa dengan penuh muatan hasil rempah-rempah serta hasil perkebunan lainya.

Pada suatu ketika VOC melakukan pelayaran menuju Pulau Jawa yang merupakan bagian dari Indonesia, yang mana dalam perjalanan tersebut ada dua orang penumpang yang bernama Hollanda dan Netherlandia. Mereka berdua merupakan pejabat penting yang akan memimpin salah satu perkebunan milik Belanda yang ada di Pula Jawa. Keduanya membawa serta sepasang kambing Jamnapari miliknya dalam perjalanan menuju perkebunan yang tepatnya ada di pulau Jawa Tengah.

Setibanya di perkebunan, Hollanda dan Netherlandia memperkenalkan sepasang kambing Jamnapari milik mereka kepada masyarakat yang tinggal di sekitar perkebunan dengan nama kambing etawah. Akan tetapi masyarakat saat itu menyebut nama kambing itu tanpa akhiran huruf “H”. Sepasang kambing tersebut terus beranak pinak hingga melahirkan banyak keturunan baru yang akhirnya dikenal dengan nama kambing PE, yang mana memiliki arti peranakan etawa. Yang saat ini susu peranakan kambing etawa inilah yang di produksi oleh para distributor susu kambing etawa dan dinikmati masyarakat luas. Dimana khasiatnya jauh lebih baik dibandingkan dengan susu kambing pada umumnya. Dan hingga sampai dengan artikel ini ditulis populasi kambing etawa sendiri masih banyak ada di Provinsi Jawa Tengah.

Demikianlah artikel tentang asal usul kambing etawa di indonesia, semoga sedikit penjelasan yang penulis berikan bisa menambah informasi anda tentang kambing etawa. Terimakasih.

Leave a Reply